coba2 menebar racun yang agak berbeda nih,sekalian supaya ane kagak kena penyakit sipilis kalo boong soal mesin mlulu
sekalian juga share pengalaman n ilmu sesama penunggang beat lain yang mungkin sudah lebih makan asam garam dalam ngoprek2 mesin matic khususnya BeAT ini,Kuncinta Ini Bro.........
beat ane melakukan langkah bore up pake piston/seher ukuran 55mm keluaran pabrikan izumi (kalo sekarang namanya FIM BRT)
ini nih gambaran seberapa besar piston tersebut saat terpasang di blok silinder,linernya pake ukuran 58mm (proses bubut) sisa ketebalan liner masih aman banget buat turing2,
dengan seher 55mm sisa jarak liner dengan keempat baut tusuk sate masih ada ruang,sebenarnya pasang piston maks 58mm masih bisa sih,tapi resikonya liner tipis banget,g cucok buat harian,gampang overheat. . .,
perbandingannya sementara pake seher standar n seher FIM 53,4mm ya,kemaren lupa foto yang 55mm
(terlihat kalau piston ori (kiri) profil atapnya cenderung cekung yang membuat perbandingan rasio kompresi (rk) rendah,seher FIM 53,4 diatas (kanan) dibuat high dome alias jenong yang membuat rk tinggi,punya ane yang 55mm dibuat high dome seperti foto diatas)
project terbaru yang baru kelar tadi pagi adalah sektor silinder kop,kali ini beermain di katup alias valve,
berhubung seher pake 55mm maka ukuran katup standar (in 25,5mm ex 21mm) agak kedodoran saat meladeni mesin diputaran atas. maka ane ganti pake klep EE kepunyaan mobil accord maestro yang di resize jadi in 28mm dan ex 24mm. alasan pake klep mobil karena bahannya lebih kuat aja
bahan bos klep pake kuningan sedangkan sitting klep pake besi ancuran (biar kuat n tahan gebuk klep yang angkatannya lumayan tinggi)
noken as memakai keluaran Kawahara tipe K-1,sebelumnya ane pake noken ori yang dicustom,tapi berhubung ganti klep sekalian deh ganti ke kawahara K-1
perklep pake standar didobel pake per klep yang kecil punya sonic,cukup mumpuni kok,ga floating
porting polish juga dilakukan untuk mengimbangi ukuran klep yang baru,tapi maaf kamera hape jadul ane gagal menangkap detail lubang masuk n buang,maklum g ada mode macronya
untuk blok dan kop silinder sengaja tidak melakukan pemapasan karena dengan kondisi normal saat ini saja rasio kompresi mencapai 10,9 :1
untuk saluran buang dipakai produk Kawahara tipe K-2,sebelumnya pake MCC made in solo,tapi lehernya gak mupuni buat konfigurasi klep yang ada skarang,jadi diganti ma ini sendalpot deh
knalpot yang dulu
knalpot yang sekarang
suara knalpot kawahara ini kalo dikatakan adem ayem juga enggak,sama2 ala road race kalo dibandingin sama MCCnya. . .
untuk karburator
sementara pake keihin PE 28mm,murmer n mumpuni kok. . .,
untuk mesin standar kalo pake karbu ini kurang cocok,soalnya ukurannya lumayan gambot untuk mesin 110cc
posisi boks masih setia terpasang untuk kamuflase
untuk pengapian:
CDI dipakai produk BRT F-Tech
Koil memakai milik yamaha yz-125 seri 4ss
busi pakai TDR ballistic,terkadang pake iridium kalo lagi pengen kebut2an
hehehe
untuk sektor CVT:
kampas sentrifugal diganti punya kawahara (aslinya untuk mio,tapi bisa saling subtitusi kok).ini kampas sebenernya dibuat untuk drag race,makanya bahannya dari campuran tembaga n kuningan,tebelnya minta ampun. tenaga yang loss akibat kampas selip makin diminimalisir
perbandingannya dengan kampas standar bawaan beat
per cvt pakai kawahara yang 1500 rpm,tapi rasanya kurang keras nih,akselerasi masih kurang,mo hunting yang 2000 rpm.o iya, untuk mesin standar ane saranin pake yang 1500 rpm aja,kecuali mesin sudah dirombak yang mana muntahan tenaga jadi besar maka dibutuhkan per cvt yang keras yang tujuannya untuk menahan movable driven face di variabel terbesar lebih lama,tujuannya supaya akselerasi tidak drop.
untuk roller,puli depan, dan v-belt masih standar aja kok
Friday, November 12, 2010
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment